Cari Blog Ini

Senin, 18 November 2013

Mitos dan Fakta Seputar Kesehatan Reproduksi

Sebagian remaja perempuan percaya bahwa mengayuh sepeda bisa mengakibatkan mereka kehilangan virginitas. Jelas, ini sebuah mitos yang salah. Itu buka satu-satunya mitos yang diyakini perempuan remaja, tanpa alasan yang jelas. Masih banyak mitos yang justru menyesatkan mereka.


  1. Menstruasi membuat tubuh menjadi lemas. Fakta: tidak benar. Waktu menstruasi, darah yang keluar hanya 150 ml, atau sekitar tiga sampai lima sendok makan. Orang tidak akan menjadi lemas hanya karena menstruasi.
  2. Tidak boleh berenang saat menstruasi. Fakta: berenang saat menstruasi boleh saja dilakukan selama memakai pembalut dan tidak merasa risi. Hal ini sama sekali tidak berpengaruh kepada kesehatan. Tetapi jika perut terasa kram, sebaiknya menghentikan aktivitas itu.
  3. Saat tidur tidak boleh memakai bra. Fakta: bra boleh dipakai saat tidur, tetapi sebaiknya pakailah bra yang tanpa kawat untuk menghindari tertekannya payudara pada posisi tidur.
  4. Pembalut bisa mengakibatkan kemandulan. Fakta: penggunaan pembalut sewaktu menstruasi justru menjaga vagina tetap bersih dan tidak lembab. Sebaiknya pembalut diganti setiap empat jam, terutama ketika sedang banyak-banyaknya keluar darah menstruasi, dan setelah buang air kecil atau besar. Jika pembalut tidak diganti, jamur dapat tumbuh. Itu bisa menjadi salah satu sebab keputihan. Kalau keadaan ini dibiarkan, dapat menyebabkan gangguan pada kesuburan.
  5. Kita bisa mengetahui cewek masih perawan atau tidak dari caranya berjalan. Fakta: tidak benar. Keperawanan ditentukan oleh sudah atau belum seseorang melakukan hubungan seksual dan tidak bisa dilihat dari cara berjalan atau dari kondisi selaput daranya.
  6. Menggaruk paha atau pantat saat menstruasi bisa menimbulkan stretch marks. Fakta: tidak benar. Stretch marks yang terlihat seperti garis-garis putih di kulit sudah merenggang lebih dari kemampuan aslinya. Ini tidak akan muncul karena garukan.
  7. Buah nanas dan terung dapat membuat bertambahnya cairan lubrikasi vagina. Fakta: tidak benar. Buah nanas dan terung tidak akan menjadikan bertambahnya cairan lubrikasi vagina karena tidak mengandung hormon testoteron.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar